Prof. Irwandi Jaswir : Sumbar Harus Manfaatkan Pasar Wisata Halal

Wednesday, 18 September 2019 : 18:36



Liput24.com | Dinilai hanya fokus pada sertifikasi halal, pengamat wisata halal dunia, Prof. Irwandi Jaswir, ajak Sumatera Barat mengembangkan industri halal. 

Saat ini peluang pasar wisata halal di dunia, memiliki keuntungan pasar sebanyak tiga terliun dolar Amerika Serikat pertahun.

Prof. Irwandi Jaswir menilai, Indonesia salah satu negara memiliki umat muslim tersebesar di dunia. Sayangnya, dalam pengembangan wisata halal, Indonesia berada pada peringkat 10 didunia pada industri syariah.

“Kita berada peringat bawah dari pada negara muslim di dunia. Padahal kita adalah mayoritas muslim,”ujar Irwandi pasca melaksanakan jalan santai bersama alumni IASMA 1 Landbouw Bukittinggi.

Lanjut Irwandi, hingga saat ini Indonesia secara umum hanya menjadi pasar yang menerima prodok halal yang dikirim negara lain seperti Korea, Australia dan Amerika. 

“Indonesia masih sebagai konsumen prodok halal negara lain, sementara negara tersebut Indonesia yang memberikan pelatihan,” terang penerima Pengaharagaan Wisata Halal Raja Arab Saudi ini kepada awak media.

Indonesia secara umum, salah satunya Sumatera Barat memiliki kultur budaya yang kuat  dan memiliki potensi mengembangkan industri halal. 

“Sudah seharunya Sumatera Barat memiliki industri halal, tidak berkutat pada sertifikasi halal saja,” tambah Irwandi. (red)

Silahkan Bagikan Berita Ini