Dinas Kebakaran Bukittinggi Bekali Warga dengan Sosialisasi Pencegahan Kabakaran

Tuesday, 8 October 2019 : 21:31




Bukittinggi, liput24.com | Berbagi pengetahuan seputar pencegahan kebakaran, Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kebakaran Bukittinggi menggelar sosialisasi dan penyuluhan pencegahan bahaya kebakaran di halaman Kantor Badan Keuangan Bukittinggi, Rabu (9/10).

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengatakan, tujuan diberikan sosialisasi dan penyuluhan, agar relawan paham dan mengerti resiko kebakaran. 

"Artinya juga, agar relawan ini bisa mensosilisasi kepada tetangganya, apa bentuk-bentuk kebakaran yang terjadi selama ini contohnya, tentang kabel listrik dan kompor gas," ujar Ramlan kepada awak media.

Jika terjadi kebakaran, relawan juga bisa menenangkan dan memberikan jalan keluar serta menjaga barang-barang  korban kebakaran yang telah dikeluarkan. "Selama ini kan, jika terjadi kebakaran, barang dikeluarkan, dilarikan orang. Siapa yang mejaga, maka relawan ini lah menjaga barang-barang korban kebakaran tersebut," terang Ramlan.

Lanjut Ramlan, pemerintah sudah ribuan kali memberikan sosialisasi, mulai dari siswa tingkat Paud hingg SLTP. "Sehingga anak-anak kita ini bisa mengerti tentang kebakaran. Jadi saat ini, sasaran kita ibu-ibuk atau relawan kebakaran yang diberikan sosialisasi," jelas Ramlan kepada liput24.com, yang didampingi oleh Kadis Kebakaran Bukittinggi, Martius Bayu.

Dari data yang dihimpun dari Dinas Kabakaran Kota Bukittinggi, sejak Januari hingga Agustus 2019, telah terjadi kebakaran sebanyak 31 kali dalam kota dan 26 kali kebakaran di luar kota. Sementara estimasi kerugian akibat kebakaran, Rp. 1.710.100.000. 

Jika dibandingkan pada tahun 2018 lalu, kebakaran yang terjadi di Kota Bukittinggi sebanyak 121 kali dan 45 kali luar kota. Kemudian estimasi kerugian Rp. 2.023.915.500.0o0.

Dari pantauan liput24.com, sosialisasi yang diikuti ratusan peserta dari lima kelurahan di Kota Bukittinggi serta perwakilan kepala sekolah dan guru SD se Kota Bukittinggi. PLN Bukittinggi dan Ketua TP PKK Bukittinggi, Lurah se Kota Bukittinggi.

Silahkan Bagikan Berita Ini