12 Tahun Terbaring Sakit A Machmud DJ Butuh Bantuan

Monday, 9 December 2019 : 02:24



Bukittinggi, liput24.com | Serda A Machmud DJ seorang veteran, terbaring sakit selama 12 tahun di rumah mertuanya, Kelurahan Kayu Ramang, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Senin (09/12).


Serda A Machmud DJ (91) lahir pada 1 Januari 1929 di Lawang Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Serda A Machmud DJ, menjelaskan, bawa ia pensiunan anggota TNI yang bertugas di Kodam Medan Bukit Barisan pada 1946 dan mengajukan pensiunan pada 1968. 

"Selama berdinas saya tidak pernah digaji hingga pensiun dan sampai saat ini, ujar Serda A machmud DJ.

Setelah pensiun Serda A Machmud DJ pulang ke Bukittinggi dan menikah dengan Aniswati (67) pada tahun 1977. Sebelumnya Serda A. Machmud sudah pernah menikah tiga kali, dua diantaranya meninggal dunia dan satu diceraikan.

Di Bukittinggi berbagai pekerjaan dilakukannya, mulai menjadi petugas keamanan di Hotel Sitawa Sidingin, Kemanan SMP 4 Panorama Bukittinggi, hingga menjual batu akik di Padang. 

Bahkan Serda A Machmud DJ juga membawa istrinya merantau ke Palembang dan Muaro Bungo Jambi. 

Sekian lama merantau, Serda A Machmud  kembali ke Bukittinggi dan tinggal di rumah orang tua istrinya. 

Selama berkeluarga dengan istri pertama hingga ke istri ke empat, serta tidak memiliki seorang anak. Hingga akhirnya ia jadikan anak iparnya menjadi anak angkat. 

Untuk menghidupi keluarga, A Machmud mencoba mendaftar sebagai veteran untuk mendapatkan uang pensiunan, namun usahanya gagal, karena ia dimintai uang oleh seseorang. Hingga ia merobek surat penting pada saat itu. 

Putus asa, Serda A Machmud DJ menyebabkan jatuh sakit sejak tahun 2008 hingga saat ini. Beruntung ia dan keluraganya mendapatkan bantuan lansia dari Dinas Sosial Bukittinggi.

Letnan I Inf Sumantri,  Kodim 0304 Agam mengatakan,  bahwa Machmud tidak pernah mengurus pensiunan TNI. Melalui media sosial baru diketahui ia seorang TNI pada zamannya.

"Sejak pensiun beliau tidak pernah tersentuh pemerintah. Maka dari itu kita lakukan pengecekan lapangan dan berkas-berkas yang dimiliki beliau," ungkapnya. 

Di hari juang angkatan darat ini adalah waktu yang tepat, berusaha untuk membantu bagaimana pengurusan surat-surat beliau, meski ada beberapa surat yang hilang oleh beliau. 

"Namun akan kembali dilakukan koordinasi. kita akan berupaya agar bapak Machmud terdaftar sebagai veteran," jelas Sumantri.

Silahkan Bagikan Berita Ini