Berkunjung ke DPRD Bogor, Banggar DPRD Bukittinggi Pelajari Peningkatan PAD

Wednesday, 29 January 2020 : 22:51


Bukittinggi, liput24.com | Dalam rangka pengayaan materi mengenai tupoksi badan anggaran (Banggar) dan fungsi penganggaran serta sistem kerja, DPRD Bukittinggi melakukan kunjungan kerja ke kantor DPRD Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/1). 

Kunjungan Banggar Bukittinggi dipimpin oleh Ketua Banggar DPRD Bukittinggi, Herman Syofyan dan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD, Nur Hasra dab Rusdy Nurman beserta anggota DPRD Bukittinggi, Benny Yusrial, Ibra Yaser, Maderizal, Rahmi Brisma, Jon Edwar, Dedi Fatria dan Asril. 


Wakil Ketua DPRD Bukittinggi, Rusdy Nurman, menjelaskan, kunjungan kerja Banggar DPRD Bukittinggi ke Kota Bogor dalam rangka pengayaan materi mengenai tupoksi badan anggaran. Sejauh mana fungsi penganggaran dan sistem kerja yang dilakukan banggar DPRD Bogor serta bagaimana upaya Pemko dan DPRD Bogor, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.




“Kami melihat bahwa upaya peningkatan PAD di Kota Bogor cukup bagus dan bisa dijadikan acuan. Dari APBD yang ada sebesar Rp 2 trilyun lebih, PAD Kota Bogor ini bisa mencapai hampir Rp 1 trilyun. Upaya upaya ini yang kita pelajari, untuk bisa pula diterapkan di Bukittinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Maderizal, Anggota Banggar, menyampaikan, saat ini APBD Bukittinggi, mencapai Rp 800 milyar lebih. Sementara, PAD yang bisa didapat baru dikisaran Rp 151 milyar lebih.

“Potensi PAD kita di Bukittinggi masih bisa kita genjot dari yang ditargetkan tahun ini sebesar Rp 151 milyar lebih. Tentu dengan upaya yang kita pelajari, bisa dibicarakan dengan pemko untuk dapat juga direalisasikan. Sesuai dengan tugas dan fungsi Banggar, kedepannya bersama TAPD Bukittinggi, kita dapat menaikkan PAD yang tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Bogor, Rizal Utama, menjelaskan, PAD Kota Bogor tahun 2019 lalu mencapai hampir Rp 1 triliyun. Jumlah itu didominasi dari pendapatan bidang pariwisata.

“Semua potensi yang ada, memang Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Banggar dalam hal ini, tentu memprioritaskan anggaran untuk lebih meningkatkan dan pengembangan sektor pariwisata. Dengan pembenahan itu, tentu kunjungan wisatawan meningkat dan berdampak pada sektor pendukung kepariwisataan lainnya, seperti tingkat hunian hotel, rumah makan yang bisa menambah PAD kita,” jelasnya.

Share this Article