Tanaman Langka Didunia Ditemukan Warga Pandai Sikek

Monday, 24 February 2020 : 02:43
Tanah Datar, liput24.com | Tanaman langka didunia bernama latin Taxos Sumatrana ditemukan warga Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat di Gunung Singgalang. Tanaman ini mampu mengobati penyakit kanker payudaran dan tumor, Senin (24/02).

Penemu Taxus Sumatrana, Ir. Refi Agustinur mengatakan, ia dengan rekannya menemukan kayu langka di dunia dengan nama latin Taxus Sumatrana sekitar 21 Oktober 2019 lalu di Gunung Singgalang. Kemudian pada  pada Februari 2020 dilakukan penelitian dan pengembangan  bersama Balitbang Kuok Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Kita sudah mencoba kepada seorang warga disini yang sakit kanker payudara, alhamdulillah setelah direbus daun Taxus Sumatrana dan diminum, pasien langsung sembuh dari penyakitnya," ujar Refi.


Lanjut Refi, saat ini ia dan rekannya sudah melakukan pencakokan, karena tanaman langka tersebut hanya hidup pada ketinggian 1000 sampai 2000 an. "Kita sudah kerjasama dengan pihak nagari Pandai Sikek, untuk menjadikan daerah tersebut sebagai lokasi penelitian Taxus Sumatrana," jelas Refi..

Taxus Sumatrana adalah tanaman  langka jenis kayu-kayuan yang hanya hidup di pulau Sumatra, seperti di Gunung Dempo, Sumatara Selatan, Gunung Kerinci, Provinsi Jambi. Kemudian di Sumatera Utara, terakhir di Gunung Singgalang Sumatara Barat. "Sementara sumber yang kita dapatkan, ditingkat dunia hanya hidup dibeberapa negara saja seperti Cina dan di Afrika," terang Refi.

Refi menambahkan, khasiat dari Taxus Sumaterana tersebut mampu menyembuhkan penyakit kanker di kepala dan leher, kanker payudara, menghalangi resopsi tulang, tumur dan kanker ovarium serta bengkak jantung. "Masih banyak lagi penyakit dalam tubuh kita yang dapat disembuhkan oleh air rebusan daun Taxus Sumatrana tersebut, " tambah Refi.



Silahkan Bagikan Berita Ini