Cegah Covid 19, Dokter Sarankan Makan Buah yang Berwana Merah

Monday, 23 March 2020 : 02:45

Bukittinggi, liput24.com | Wabah Covid 19 kian mengkhatirkan warga di seluruh Indonesia, salah satunya Kota Bukittinggi. Kendati demikian,  upaya pencegahan adalah hal yang terpenting seperti mejaga kebersihan dan mengkonsumsi buah-buahan yang bermawana merah seperti, semangka dan strawbery.

Dokter spesialis Paru RSAM Bukittinggi, dr Deddy Herman mengatakan, mengkonsumsi buah-buahan yang dagingnya berwarna merah dapat mencegah Covid 19.

"Buah Strawbery, naga dan semangka, bagus untuk pencegahan Covid 19," ujar Deddy.

ebih lanjut, dr. Deddy Herman, menjelaskan, covid 19 tidak boleh dipandang sebelah mata. Virus ini dapat melekat di suatu benda dan pindah ke orang yang memegang benda itu, selanjutnya, virus covid 19 itu, juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan penderita.

"Virus covid 19 bisa bertahan lebih dari 2 jam dan ini yang berbahaya bagi petugas medis dan masyarakat. Itu yang terjadi dan menimpa beberapa dokter serta petugas medis seperti yang kita dengar berita dukanya," jelas Deddy.

Untuk itu, upaya yang dilakukan pemko sangat tepat untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus corona. Kondisi saat ini, virus itu dapat berubah sifat atau mutasi. Dulu hanya bisa beekembang di udara dingin tapi sekarang sudah bisa berkembang di udara panas.


"Upaya antisipasi penyebaran covid 19 tidak harus jadi tugas bersama. Tidak hanya pemerintah saja, tim medis saja, namun warga juga harus pro aktif, dengan social distancing. Karena dengan itu, bisa memutus mata rantai penyebaran covid 19," ujar dr. Deddy.

Silahkan Bagikan Berita Ini