Pemko Bukittinggi Akan Salurkan Bantuan Pangan Tahap II

Monday, 13 April 2020 : 17:43

Bukittinggi, liput24.com | Pemerintah Kota Bukittinggi akan salurkan bantuan pangan tahap dua kepada warga yang terdampak langsung Covid 19, Selasa (14/04).

Sebelumnya Pemerintah Kota Bukittinggi telah menyalurkan bantuan pangan tahap awal kepada 19.583 warga kurang mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengatakan, bantuan tahap kedua ini ditujukan kepada orang - orang yang benar – benar terdampak secara ekonomi akibat wabah Covid-19 ini diluar keluarga yang terdata dalam DTKS dan PKH.    

"Sementara PNS/TNI/Polri/Peg.kontrak/Peg.BUMN/BUMD/Pensiunan tidak termasuk dalam kriteria ini. Pendataan dilapangan dilakukan oleh Babinsa, Babinkamtibas, LPM dan RT, karena yang berhubungan lansung dengan masyarakat," ujar Ramlan.

Lanjut Ramlan, pada pendataan dilapangan, pihakny melibatkab Babinsa, Babinkamtibmas, LPM dan RT setempat. "Ya karena mereka yang memahami kondisi dilapangan, kemudian nantinya ada blanko surat pernyataan yang ditanda tangani oleh kepala keluarga dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP. Kita tidak inginkan ada kesalahan dalam penilaian kriteria dilapangan, diharapkan penerima bantuan benar  - benar tepat sasaran dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan”, terang Ramlan pada saat rapat bersama unsur Forkopimda, Camat dan LPM Kelurahan se Kota Bukittinggi.

Lanjut Ramlan, bahwa, pendataan dimulai pada hari Selasa tanggal 14 April 2020.

"Kita harapkan sebelum bulan Ramadhan, bantuan pangan tersebut telah selesai dibagikan," katanya.

Kemudian Walikota,  menghimbau kepada LPM, RT dan RW agar tidak bosan menghimbau dan mengingatkan  masyarakat untuk selalu menggunakan masker baik dirumah maupun diluar rumah dan meningkatkan kepedulian  masyarakat serta memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. (Kim)

Silahkan Bagikan Berita Ini