Persiapan PSBB Walikota Minta Kerjasama Masyarakat

Monday, 20 April 2020 : 04:07

Bukittinggi, liput24.com | Pasca terbitnya Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.01.07/MENKES/260/2020 pada 17 April 2020 lalu. Pemko Bukittinggi, ambil tindakan cepat guna mempersiapkan segala sesuatunya untuk menunjang pelaksanaan PSBB melalui rapat bersama di rumah dinas walikota, Belakang Balok.

Walikota Bukittinggi, Ramlan mengatakan, PSBB di wilayah Provinsi Sumatera Barat direncanakan akan mulai efektif dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 April 2020 dan akan berakhir pada tanggal 5 Mei 2020. Pada tahap pertama, segala persiapan harus segera dilakukan seperti, rapat lengkap dengan Forkompimda beserta Tim Gugus Tugas Covid-19 Bukittinggi.  

“Mengingat waktunya cukup singkat, dari sekarang yang direncanakan mulai efektif berlaku pada tanggal 22 April 2020 untuk itu perlu dilakukan kesiapan dari Pemko agar PSBB ini berjalan dengan baik,"  ujar Ramlan, Senin (20/04).

Lanjut Ramlan,  masing-masing SKPD, maupun camat dan lurah agar segera melakukan sosialisasi kemasyarakat, baik melalui himbaun di masjid atau melalui mobil unit keliling maupun radio serta media sosial. Dimana pentingnya penerapan PSBB ini adalah untuk memutus mata rantai dari penyebaran virus corona, agar tidak meluas.

"Untuk itu kita harapkan pelaksanaan PSBB dalam bentuk pembatasan aktivitas diluar rumah oleh setiap orang, dilakukan dengan penuh kesadaran dan disiplin," terang Ramlan.

PSBB ini akan menghentikan sementara aktifitas orang diluar rumah yang meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan di rumah ibadah, pembatasan kegiatan ditempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya serta pembatasan pergerakan orang dan barang menggunakan moda transportasi.

“Sasaran utama kita adalah pergerakan orang masuk kota, pemakaian masker  oleh masyarakat serta pasar agar orang tidak bertumpuk disuatu tempat. Untuk itu semua harus siap, kepada Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Dinas Pasar agar segera membuat perencanaan yang jelas," tambah Wako. (Kim)

Silahkan Bagikan Berita Ini