Pemuda Desa Apresiasi Pembagian BLT

Wednesday, 20 May 2020 : 16:03

liput24.com |Pemuda Desa Sana Laok Kecamatan Waru, Pamekasan mengapresiasi kinerja aparat desa Sana Laok, telah melaksanakan amanat perintah pusat terkait transparan data penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa tahun anggaran 2020.

Pembagian BLT tahap pertama di Desa Sana Laok diselenggarakan di kediaman Kepala Desa Rabu, (20/05/2020).

Dengan total penduduk di atas 6000 lebih di desa Sana Laok, memang tidak bisa semuanya menerima BLT. Tapi, transparansi aparat desa tentang siapa yang yang mendapatkan BLT harus diacungi jempol," ujar Abdur Razak, selaku pemuda desa yang pernah belajar di Negeri Malaysia.

Namun demikian, aparat desa tidak menampik adanya potensi ketidak-puasan di tengah masyarakat. Hal ini diungkap Fadil Aqil selaku salah satu Kepala Dusun di desa ini.

 "Bagaimana kami (aparat desa) menunaikn amanat BLT, kami tidak bisa bebas dari keluh-kesah masyarakat tapi tak masalah. Memang ini resiko jadi aparat desa," terang Fadil.

Sebelum mengajukan nama-nama penerima BLT, aparat desa memang diketahui oleh masyarakat telah terjun ke lapangan untuk melakukan survie siapa yang layak menerima BLT. Pengajuan nama-nama penerima ini tidak secara ujuk-ujuk. Dengan demikian masyarakat desa dilibatkan secara aktif.

"Sebagai bentuk transparansi, kami telah melibatkan masyarakat," imbuh Fadil.

Seorang penerima BLT, Shafiya mengakui, perselenggaranya BLT telah membantu masyarakat setempat, apalagi di saat Covid-19 dan menjelang lebaran.

"Sebesar 600 ribu rupiah ini saya merasa terbantu untuk memenuhi kebutuhan lebaran," jelas Shafiya.

Jurnalis Warga :
Putra Chaniago
Silahkan Bagikan Berita Ini