Bangunan Siap, Pasar Ateh Diresmikan Wamen PUPR, Jhon Wempi Wetipo

Thursday, 18 June 2020 : 16:29


Bukittinggi, liput24.com | Pembangunan Pasar Ateh, pasca terbakar pada  akhir Oktober 2017 lalu, akhirnya pada hari ini diresmi secara virtual oleh Wakil Mentri PUPR, Jhon Wempi Wetipo, Kamis (18/6).

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan, ia sangat bersyukur pada hari ini Pasa Ateh Bukittinggi bisa diresmikan pada har ini oleh Wakil Mentri PUPR. "Tentu kami dari pemerintah serta warga Bukittinggi sangat bahagia," ujar Ramlan.

Lanjut Ramlan, usai diresmikan secara virtual, tadi juga dilangsungkan proses serah terima dan ditandangani pengelolah pasar antara Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat ke Pemko Bukittinggi.

"Tadi kita juga tanda tangani, pengelolaan SPAM IKK di Belakang Balaok, karena uang juga dari  Kementrian PUPR," kata Ramlan.

Setelah diresmikan, Pasar Atas akan mulai beroperasi pada Juli 2020. "Tentu sebelumnya ada banyak persiapan melalui Dinas Pasar," terang Ramlan.

Pasar Ateh dengan konsep green building ini disesuaikan sebagai kota wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal.

Pembangunan gedung Pasar Ateh yang menggunakan dana APBN sebanyak Rp. 292 milyar rupiah. Sementara didalam bangunan Pasar Ateh terdapat 835 toko dan memiliki 4 lantai. 

Wamen PUPR, Jhon Wempi Wetipo mengatakan, Pasar Ateh memiliki peranan penting dalam perekonomian masyarakat Kota Bukittinggi, kemudian juga memiliki nilai sejarah. "Semoga setelah diresmikan, Pasar Ateh bisa berfungsi kembali dan dijaga dengan baik oleh warga Kota Bukittinggi.


Pada peresmian Pasar Ateh secara virtual, turut hadir Gubernur Sumatera Barat melalui aplikasi zoom. Kemudian di Pasar Ateh, juga hadir Forkopimda Bukittinggi serta ketua LKAAM dan Ketua Kerapatan Adat Kurai.
Silahkan Bagikan Berita Ini